Rabu, 14 Mei 2014

Proses Produksi Minyak Kelapa

1.1.            Latar Belakang
    Laboratorium Proses Manufaktur merupakan salah satu Laboratorium pendukung perkuliahan di Departemen Teknik Industri. Didalam praktikum Laboratorium Proses Manufaktur terdapat lima modul. Pada modul ini, mahasiswa akan melakukan kegiatan praktikum proses pengolahan minyak kelapa.
                Pemilihan modul ini berkenaan dengan semakin meningkatnya kebutuhan masayarakat terhadap minyak kelapa. Disamping itu di dalam modul ini juga berkaitan dengan beberapa materi perkuliahan Teknik Industri seperti Analisa Biaya, Kimia Dasar, Proses Manufaktur, dan Ilmu Ekonomi sehingga dengan alasan demikian Laboratorium Proses Manufaktur mencoba untuk mengaplikasikan materi-materi perkuliahan yang ada dengan melakukan proses pengolahan minyak kelapa.
             Agar mendapat kualitas minyak kelapa yang bermutu baik maka dalam praktikum ini nantinya akan bekerja sama dengan beberapa instansi yang terkait dalam membantu untuk tercapainya tujuan yang lebih maksimal.

1.2.            Tujuan Praktikum
            Adapun tujuan yang ingin dicapai pada modul Proses Produksi Minyak Kelapa adalah agar praktikan mampu:
           1. Mengetahui dan memahami proses pengolahan minyak kelapa dengan metode tradisional         dan metode evaporasi.
            2. Mengetahui keseimbangan bahan dengan analisa terhadap material input, output dan               scrap/limbah setiap proses produksi minyak kelapa.
            3.  Memahami proses  pengujian hasil minyak kelapa yang dihasilkan.
4. Menganalisis biaya-biaya yang terjadi dalam proses pembuatan minyak kelapa dengan             metode tradisional dan metode evaporasi.
5. Menghitung efisiensi mesin dan merencanakan penggunaan mesin yang optimal.